Categories: DSLR

Kamera DSLR Punya Fungsi Tombol dan Fitur yang Sering Dilupakan?

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya kamera DSLR memiliki banyak tombol menu dengan fungsi yang berbeda-beda. Banyaknya tombol tersebut terkadang membuat pengguna melewatkan beberapa fungsi tombol menu yang sangat penting. Tombol-tombol tersebut memiliki peran yang penting ketika melakukan setting dalam pengambilan gambar.

Fungsi Tombol dan Fitur Kamera DSLR Yang Sering Dilupakan

Ada beberapa tombol kamera pada DSLR yang seringkali dilupakan oleh para pemula. Padahal tombol kamera tersebut akan mempengaruhi hasil foto yang akan dihasilkan nantinya. Selain tombol, ada juga fitur yang tidak dipahami gunanya. Apa sajakah itu?

Main Dial

Main Dial Kamera DSLR

Bentuk tombol ini menyerupai roda gerigi yang tidak utuh dan bisa disentuh ataupun diatur dengan menggunakan jari tangan saja. Main Dial memiliki fungsi sebagai pengatur eksposur foto hingga white balance.

Light Meter

Light Meter Kamera DSLR

Fitur ini cukup penting dan tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Light Meter memiliki fungsi untuk mengukur cahaya yang masuk pada sensor kamera yang diindikasikan dengan sebuah petunjuk yang bisa bergerak ke kanan apabila pencahayaannya kurang ataupun ke kiri apabila pencahayaannya terlalu berlebihan.

Lens Release Button

Lens Release Button Kamera DSLR

Meskipun memiliki fungsi yang sederhana, yaitu sebagai pelepas lensa dari body kamera, namun tidak boleh disepelekan. Fungsi tombol ini sangat penting mengingat lensa dan body kamera bisa saja akan rusak apabila kamu tidak menekan tombol tersebut ketika ingin melepaskan lensa.

Viewfinder Diopter

Viewfinder Diopter Kamera DSLR

Menu ini memang jarang digunakan, bahkan dikalangan fotografer profesional sekalipun. Bentuk tombolnya memang kecil, namun ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki masalah pada pengelihatannya seperti mengalami mata minus maupun plus.

Hot Shoe

Hot Shoe Kamera DSLR

Sebuah tempat yang digunakan untuk meletakkan unit flash eksternal. Namun, karena pencahayaan DSLR sudah baik, fitur ini menjadi jarang sekali digunakan oleh pengguna kecuali memang membutuhkan tambahan flash.

Aperture Value

Aperture Value Lensa Kamera DSLR

Settingan aperture value pada saat pengambilan gambar sangatlah penting, namun tidak semua orang menyadarinya. Aperture berfungsi untuk mengatur atau membatasi cahaya yang masuk pada kamera, dimana semakin kecil nilai aperturenya maka cahaya semakin banyak ditangkap, begitu juga sebaliknya.

Lens Mount Index

Lens Mount Index Kamera DSLR

Ketika hendak memasang lensa, kamu perlu memperhatikan tanda simbol ini. Pastikan antara lensa yang dipasangkan sudah sesuai agar memudahkan dalam memasang ataupun melepaskan lensa nantinya.

Admin

Share
Published by
Admin
Tags: camera dslr fitur fungsi kamera tombol

Recent Posts

  • Camera

Kamera Terbaik untuk Mengabadikan Momen Bersama Keluarga

Mengabadikan momen bersama teman atau keluarga ketika berlibur merupakan hal yang lumrah. Untuk mengabadikan momen tersebut tentunya kita membutuhkan kamera…

4 weeks ago
  • Apps

6 Aplikasi Kamera untuk Menghubungkan Kamera Canon dengan Smartphone

Pernahkan kamu mengambil foto dengan kamera DSLR ataupun mirrorless kemudian kehabisan memory? Continue reading →

1 month ago
  • Action

Rekomendasi 9 Kamera Underwater Terbaik Buat Rekam di Bawah Air

Aktivitas dalam air atau di bawah permukaan laut kayak snorkeling atau diving selalu menantang untuk dicoba. Apalagi Indonesia mempunyai alam…

5 months ago